Blogspot diblokir telkomspeedy?

blogspot logo

Beberapa hari ini saya tidak bisa mengakses blog saya yang numpang di blogspot (blogger) . Penyebabnya apa saya masih belum tahu . Sempat terbersit pikiran, apakah blogspot juga telah diblok oleh pemerintah Indonesia, sebagaimana youtube dan rapidshare? Karena akhir-akhir ini santer diberitakan pemblokiran beberapa situs berkaitan dengan penyebaran film Fitna yang kontroversial tersebut. Tapi, kalau berdasarkan informasi disini, seharusny blogspot tidak termasuk Karena penasaran saya pun berusaha mencoba investigasi mencari penyebab kenapa blogspot tidak dapat diakses? Yang aneh kejadian ini tidak terjadi berturut-turut. Kalau hari sabtu blogspot tidak dapat diakses, hari senin kemarin bisa diakses dengan lancar. Tapi, selasa pagi tidak bisa lagi.

Langkah 1
Saya mencoba mengecek setting di komputer saya. Siapa tahu ada setting yang keliru. Saya matikan firewall dan cek apakah ada website yang diblok oleh browser kesayanagan saya firefox. Tidak lupa saya juga cek setting di internet explorer dan Opera. Ternyata tidak ada masalah dengan setting di komputer saya. Buktinya, saya bisa akses semua web kecuali blogspot. Biar lebih yakin, saya mencoba akses web lewat linux, PClinuxOS2007. Hasilnya tetap saja, bisa akses semua web kecuali blogspot. Saya menganggap komputer saya tidak ada masalah.

Langkah 2
Kalau komputer tidak ada masalah, ada kemungkinan ISP speedy saya yang bermasalah. Saya pun minta bantuan teman saya si Trisun yang memakai ISP Pesatnet untuk mengecek apakah dia bisa mengakses blogspot. Dia bilang tidak ada masalah dengan blogspot. Biar lebih yakin, saya sempat minta tolong ke CS nya Qwords (walau nggak kenal ), kalau nggak salah mbak yuli namanya. Saya minta dia untuk mengakses salah satu blog saya yang ada di blogspot. Hasilnya bisa ditebak, dia bilang tidak ada masalah, blogspot bisa diakses dengan lancar. Dia memakai ISP IM2. Berdasarkan informasi tersebut, kesimpulan sementara saya adalah blogspot diblok oleh telkomspeedy.

Langkah 3
Karena penasaran, sayapun menghubungin layanan 147 milik telkom. Setelah mengutarakan permasalahan saya, petugas operator bilang, “Maaf Mas, telkomspeedy tidak memblokir blogspot”. “Apakah dari kantor mbak bisa akses blogspot?”, tanya saya. “Maaf, saya tidak ada akses ke internet. Tapi, keluhan bapak akan diproses dalam waktu 3×24 jam (magical word 147!)”. Saya pun mengiyakan saja perkataannya, mungkin memang dia tidak ada akses internet. Selisih 3 jam, saya mendapatkan telpon dari petugas telkom speedy di kota nganjuk. Dia menanyakan apakah saya ada masalah. Saya baru ingat kalau 2 hari sebelumnya saya pernah mengajukan komplain dengan masalah yang sama.

“Iya, pak. Kok saya tidak bisa akses blogspot ya?” jawab saya.
“O.. mungkin blogspotnya yang lagi error, disini speedynya tidak ada masalah”, jawabnya.
“Begini pak, saya sudah coba akses blogspot dengan webproxy tidak ada masalah, saya juga telah minta tolong teman saya (yang pakai koneksi Pesatnet) untuk mengaksesnya dan tidak ada masalah. Saya juga masih bisa akses website lain kecuali blogspot”

“Kalau begitu yang error blogspotnya”, jawabnya. Pikir saya, lho kok blogspotnya yang error? kan pakai ISP lain masih bisa. “Baiklah, Pak. Coba sekarang bapak akses ????.blogspot.com (salah satu blog saya di blogspot), apakah bisa?”.

Dia pun mencoba, dan bilang kalau blogspot tidak bisa di akses. Tetap saja petugas itu ngotot kalau blogspot yang bermasalah. Akhirnya saya menyudahi pembicaraan tersebut dengan perasaan kecewa dan penasaran.

Kalau operator telkom 147 bilang blogspot tidak diblok, berarti ada kemungkinan errornya di telkom speedy nganjuk. Atau bisa juga di jaringan speedy nasional. Saat ini saya sedang menunggu temen saya yang pakai speedy tapi di daerah lain. Benarkah yang error speedy Nasional atau hanya speedy lokal. Atau memang blogspot kena imbas pemblokiran beberapa situs yang di blok oleh telkomspeedy? Untuk informasi lebih lanjut akan saya update di sini.

NB: Bagi anda yang memakai speedy apakah mengalami hal yang sama? kalau boleh saya tahu lokasi speedy anda dimana?

Update : 20 April 2008

Sudah seminggu blogspot kadang bisa diakses kadang nggak bisa. Kejadian ini sangat merugikan saya dan para pengguna speedy. Berdasarkan informasi teman-teman yang tinggal diluar jawa timur speedy yang selalu ngaco memng bermasalah untuk mengakses blogspot. Jadi kesimpulan saya adalah speedy yang error BUKAN blogspot. Tapi, yang jadi pertanyaan saya kenapa speedy nggak kasih tahu kalau ada error dan hanya bisa menyalahkan blogspot. Lagi-lagi saya harus bersabar melihat kesewenang-wenangan speedy perilaku BUMN yang satu ini

update : 29 April 2008

Kalau menurut saya, ada beberapa solusi yang bisa diambil untuk mengatasi masalah ini:
1. Pakai web proxy, walau browsing jadi lelet, at least kita masih bisa posting dan akses di blogspot.
2. Ganti ISP, tapi kalau terpaksa pakai speedy seperti saya mau nggak mau pakai cara pertama
3. Migrasi dari blogspot ke blog platform lainnya seperti wordpress.
Semoga aja telkom speedy bisa segera menyelesaikan masalah yang sangat mengecewakan ini

62 thoughts on “Blogspot diblokir telkomspeedy?

  1. Ya… saya pemakai speedy juga ada di bandung.. Udah 3 hari ini emang ga bisa buka.. Klo pake google.com/translate baru bisa… Sepertinya emang di blokir deh… kan Blogger = Blogspot.. MMMmmm……

  2. Kurniawan

    Kebetulan kantor gue juga baru aja beralih ke Speedy, sebelumnya pake ISP kenalan. Heran juga, blogspot gue n semua situs berbasis blogspot g bisa dibuka!!! Lokasi kantor gue di Semarang Tengah. Deket lagi sama Telkom..hee..g ngaruh ya… Apa emang blogspot diblokir ma telkom ya? Besok deh kalo teknisi dari telkom datang ke kantor gue tanyain sampe puass…tapi sekarang sangat kecewa sih…

  3. yap, kayknya emang (sengaja??) di blok ama telkom. seharian gw akses g bs. kantr gw jg pake speedy. dosa apa kita ya?? haaaa…..kk ci…ngngng

  4. @semua
    iya, saya juga tidak bisa akses blogspot. Kenapa speedy seenaknya aja berbuat dzolim ya? kalau di tanya di 147 katanya kita nggak blokir blogspot, tapi kenyataannya, kalau memang speedy lagi trouble ato memang ngeblokir tolong dong bilang yang jujur. dan Kenapa???? 😦

  5. aku juga gak bisa akses blog gue…
    speedy memang sering ngaco nih.. kadang bisa kadang gak bisa.
    kemarin sempet bisa 2 hari, lalu hari ini gak bisa akses lagi ke blog aku… SPEEDY DHODOL !!!

  6. Yup!!
    SPEEDY emang luar biasa ERRORnya
    petugasnya juga pada sama ERRORnya…saya juga lapor ke 147, jawabannya sama juga kaya di atas….

    Gimana ya solusinya ?
    apa kita semua sama2 ganti ISP aja ? saya niat ganti ISP, tapi apa ya ?

  7. Emang…bener2 ngecewain Speedy…
    Ngacaauu Blog ku….
    Kadang bisa kadang gk…!!…

    Uda sering EROR….
    Da bulan depan Pindah ISP…
    yUK..ganti ISP kita bareng2…
    CZ Speedy bener2 ngecewain….

  8. mriza

    pontianak sama nih, gak hanya speedy tapi semua yang pake telkom kayak astinet dan TENI, cape deh..
    Apa mau di demo kali yah .. 😀

  9. eddysetyawan

    saya juga mengalami hal yang sama hari ini, blogspot di blog lagi, saya juga coba hubungi 147 telkom hasil jawabannya sama seperti diatas
    koq aneh ya sambung putus terlalu sering …. kayaknya admin sapidi pada baru belajar setting firewall kaleeee…… dasar STUPID!!!!

  10. @semua…
    setiap telp 147, cs nya selalu bilang speedy baik2 saja. blogspotnya yang error!
    kalau memang ada trouble … tolong jujur dong, biar klien nggak merasa di bohongin.
    yang aneh, kok cuma blogspot yang nggak bisa diakses…
    Tanya kenapa?!

  11. saya akses blogspot pakai telkomsel flash juga gak bisa ;'( sedih banget.. kenapa sih bisa begini?? apa berarti semua produk telkom (telkomnet, telkomsel) juga nge-banned layanan blogger??? aneh banget c.. masa telkomsel juga ikut2an…
    sebenernya ini yang blokir pemerintah apa grup telkom?????

  12. Pingback: Browsing Dengan Free Proxy « My Simple Blog

  13. yupz, emang diblok, coba cek pake ini :

    http://downforeveryoneorjustme.com/

    weleh2, bakalan kaya RRC ni nasib kita ^^; , mari giatkan penggunaan proxy xD~

    Selain blok sana sini semena-mena, streaming juga kayanya kena traffic shaping sepihak (kata cs nya si enggak, tapi kaya biasa, tepu, dgn kata2 andelan “lagi penuh pak”).

    Youtube , imeem, esnips bener2 ga berdaya. Anehnya streaming dari site online drive backup malah berjalan dengan sangat aduhai, belom kena traffic shaping ya bapak2 speedie? 😛

    Kenapa yakin ada traffic shaping? ada dua akses speedy dirumah, no Internet sharing connection, one pc, one mac, nasib dua2nya sama xD~

    Dah dicoba pake opendns juga ga berdaya, proxy pun tak berdaya, ganti setting mtu, rwin pun ga berdaya, tetep lambretta….

    Aku cinta s-kencing-mati 😛

  14. Saya juga pengguna speedy, emang bener udah seminggu ini akses blogspot kadang bisa kadang engga, luss.. less.. kata orang sunda mah.
    Kalo menurut gw emang speedy/telkom yang erorr. Blogspot kan jaringan global, kalo error berarti ISP di negara2 lain juga ga bisa akses. Cuma bisa bilang KECEWA bgt ama SPEEDY!!! and kayaknya ikut sarannya maz kATROOK nihh!! Cabut dari Speedy wkwkwkwkwkwk…!!!

  15. Warnet saya juga memakai speedy, perkiraan saya juga tidak jau dari perkiraan mas hakim ( sory ga tau namanya lam knl aja ) saya kira dari blogspotnya ech ternyata waktu saya maen ke warnet teman saya yang menggunakan melasa tenyata blogspot saya baik baik aja selang beberapa menit dari saya membuka blogspot saya coba membuka blogspot saya di warnet saya ternyata eror dan saya menelepon temen saya yang tadi saya buka blogspot di tempat dia. dia bilang baik bai aja apakah bener speedy mamblokir blogspot kita dan apa mampaatnya buat spedy memblokir blogspot kita?

  16. yoi tuh, speedy saya jg gak bisa buka blogspot. heran deh ma speedy, dah mahal tp tdk memuaskan.
    o ya, saya tinggal di jakarta timur.

  17. @semua
    kalau ada pilihan ISP lain di kota saya, ingin juga ikut pindah, berhubung terpaksa harus pakai speedy solusinya mau nggak mau harus memakai PhProxy, walau tambah lambat 😦
    Note: hari ini sudah ke 5x saya kontak 147, hasilnya NOL BESAR, tanya kenapa…?!

  18. berrysweet

    sebel juga nih! disini ga bisa akses blogspot., padahal baru aja bikin.,
    bete., mau update ga bisa.,
    btw saya di daerang Tangerang., dari smalem ga bisa di akses.,

  19. Telkomsel Flash gw juga gak bisa akses blogspot!!! huhuhu… CS-nya selalu bilang “gak ada masalah kok pak, coba lagi aja”. Kampret!!!!

  20. ivan

    LAPOR dari Magelang..
    Speedy error…
    Blogspot dll ga bisa dibuka.. yang bisa cuma detik.com + telkomspeedy.com..

  21. sekarang 29 april 2008, dari jam 17.30 an blogspot diblokir lagi sama telkom….

    jadinya gimana nih ?
    pada mau ganti ISP apa ?

    saya punya dua account speedy, rencananya dua-duanya mau saya berhentiin bulan depan…

    udah telpon speedy jawaban masih sama,
    udah e-mail ga dibales-bales….kebangetan banget..

  22. Bener mas, di tempat aku di Batam podo wae, hancurlah harapanku. Padahal aku masih pemula ….
    Gmana nih… Tolonglah mas – mas yang lebih senior dan lebih paham…

  23. Percuma kalo cuma ngata2in Speedy doang…gak akan berubah mereka…

    Langsung berhenti langganan aja kalo dah telanjur langganan….

    Ramai2 telepon, e-mail, datengin ke kantor, dsb….kalo cuma 1-2 orang yang ngelakuin juga ga akan ditanggepin…

  24. akmalhasan

    Kalo emang bener diblok, apa ada hubungannya ama UU ITE?
    mungkin adminnya salah denger, “tolong itu situs2 tertentu diblok”, eh si admin malah nerjemahinnya “oh situs2 yang di-blog (blogger.com) ya pak?”..hehehe

    salam

  25. wah ceritanya muirip mas, cuman aku aksesnya pake telkom flash, itu juga cuma blogspot yg ga bisa diakses huhuhuuuu sebel sekaleeee… punya solusi gak kalo buat flash ?

  26. Albert Tan

    Diblokir? Seperti nya anda benar. Saya pemakai Telkomsel Flash ngga bisa masuk ke situs2 blogspot. Iseng2 test pake proxy dari samair eh bisa… Ini pasti ide dari “Mr.Pakar 68%”

    Padahal di blogspot banyak tutorial yg bagus2

  27. @semua
    sekarang blogspot sudah lancar di akses dengan telkom speedy di tempat saya. Apakah teman2 di daerah lain masih susah akses blogspot via speedy?

  28. Dah belain nguprek Komputer seharian…….
    tak tahunya…….
    hmm….cccc……
    gimana kalo qta ganti speedy menjadi
    dispeety…… heeheehee

  29. gw kecewa berat ama telkom dan telkomsel flash !
    bisnis online gw yg hallal jadi terhambat tingkah mereka yg takut usernya mengakses konten haram ! memangnya gak bisa konfirmasi n kerja sama ama google (yg punya blogger/blogspot) apa ?! males ya ngabisin pulsa kontak ma google ? jualan pulsa kok gak punya pulsa…tolong telkomsel, jangan takut berupaya berhubungan dg perusahaan raksasa sekelas google, tapi takutlah akan customer yg bakal ninggalin kamu, apalagi dg menanggalkan coretan merah.

    gw support telkomsel dari sejak gw pake kartu SIMPATI dan AS selama 7 tahun lebih hingga beralih ke HALO… tapi kok malah jadi kayak gini ?!!!!

  30. simplenya untuk tau blogspot diblokir atau tidak di windows gunakan perintah

    tracert blogspot.com

    Saya coba ke sub domain blogspot yang merupakan blog saya di blogspot pake kartu halo apn internet hasilnya pas di router telkomsel laporan “destination unreachable”
    artinya emang ip blogspot di blacklist oleh telkomsel.

  31. Pingback: Setting Domain di Blogger « My Simple Blog

  32. Ardi

    iya tuh…lewat telkomflash akses blogger gak bisa dibuka.hxhx.Padahal gue pengguna baru.
    Kenapa ini?padahal pinginnya mau cari dollar lewat blogger malah kayak gini.cape deh….

  33. iya ya dosa apa para blogger sampe blogspot harus diblok, padahal masih banyak web lain yang lebih pantas di blog, beraninya ama orang kecil doank, huuuuuuu

  34. Sebelumnya aq ucapin met kenal semua buat teman2 bloger…emang ya banyak permasalahan yg kita hadapi melalui blogspot…sampai2 ga bisa jalan atau terblokir, pasti para bloger pernah mengalami hal seperti itu…Tp selama aq pakai Speedy kurang lebih hampir 1 tahun tapi aq kog ga pernah ngalami hal seperti itu….bukannya aq bikin para bloger memandang aq sok tp emang kenyataan. kalo error server sering aq alami tp aq coba sabar. yaaaaa…mudah2han semua para bloger yang ada di indo khususnya pakai speedy yang sabar aja mungkin kebaikan yang di berikan oleh blogspot selalu menjadikan terdepan…dan mungkin aja bagi semua teman bisa jd lebih pandai dalam mengatasi hal tersebut. PISS salam persahabatan selalu

  35. Richard

    sorry ini mungkin OOT, tp sekedar sharing…hal yg sama juga saya alami, tp bukan dengan speedy, saya pengguna Telkomflash unlimited 256kb, baru apply beberapa hari ini, beberapa situs tidak dapat dibuka/diakses seperti : Indochanger.com, asianbookie.com, pintunet.com, tp untuk blogspot bisa, saya udah menyampaikan complain ini ke pihak telkomsel, mudah2an akan mendpt tanggapan positif..kita tunggu aja dalam waktu dekat…

    untuk orang telkom, ditunggu konfirmasinya… 😐

  36. kadang speedy memang suka begitu. terus terang kalo menghubungi CS-nya jawabannya standard banget, seolah di depannya sudah ada catatan kalo, ada yang nanya ini jawab dengan ini, itu menurut saya pribadi. kalo lagi begini biasanya suka pake starone indosat.

    Begitulah ISP di Indonesia..

  37. d2nk

    Hari ni tanggal 19 Februari 2008, sy mau cerita ma tmn2 blogger, meng sampi skrg blogspot gk bs dibuka lwt ISP speedy..
    thx.

  38. kenapa aku udah 3 hari nggak bisa log-in blogger?
    ada yang tau?
    kalo buka blognya gak masalah
    cuma nggak bisa log-in…
    thx

    pake ISP apa? saya pakai speedy masih bisa masuk. Coba login bukan pada jam sibuk, mungkin jaringannya lagi padet

  39. irfan

    3hari ini saya jg tidak bisa buka blogger.com, buka blog saya jadi semakin lelet/tidak bisa buka sama sekali <–speedy, tp pake ISP lain koq bisa yah?? 😦

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.