Blogspot diblokir telkomspeedy?

blogspot logo

Beberapa hari ini saya tidak bisa mengakses blog saya yang numpang di blogspot (blogger) . Penyebabnya apa saya masih belum tahu . Sempat terbersit pikiran, apakah blogspot juga telah diblok oleh pemerintah Indonesia, sebagaimana youtube dan rapidshare? Karena akhir-akhir ini santer diberitakan pemblokiran beberapa situs berkaitan dengan penyebaran film Fitna yang kontroversial tersebut. Tapi, kalau berdasarkan informasi disini, seharusny blogspot tidak termasuk Karena penasaran saya pun berusaha mencoba investigasi mencari penyebab kenapa blogspot tidak dapat diakses? Yang aneh kejadian ini tidak terjadi berturut-turut. Kalau hari sabtu blogspot tidak dapat diakses, hari senin kemarin bisa diakses dengan lancar. Tapi, selasa pagi tidak bisa lagi.

Langkah 1
Saya mencoba mengecek setting di komputer saya. Siapa tahu ada setting yang keliru. Saya matikan firewall dan cek apakah ada website yang diblok oleh browser kesayanagan saya firefox. Tidak lupa saya juga cek setting di internet explorer dan Opera. Ternyata tidak ada masalah dengan setting di komputer saya. Buktinya, saya bisa akses semua web kecuali blogspot. Biar lebih yakin, saya mencoba akses web lewat linux, PClinuxOS2007. Hasilnya tetap saja, bisa akses semua web kecuali blogspot. Saya menganggap komputer saya tidak ada masalah.

Langkah 2
Kalau komputer tidak ada masalah, ada kemungkinan ISP speedy saya yang bermasalah. Saya pun minta bantuan teman saya si Trisun yang memakai ISP Pesatnet untuk mengecek apakah dia bisa mengakses blogspot. Dia bilang tidak ada masalah dengan blogspot. Biar lebih yakin, saya sempat minta tolong ke CS nya Qwords (walau nggak kenal ), kalau nggak salah mbak yuli namanya. Saya minta dia untuk mengakses salah satu blog saya yang ada di blogspot. Hasilnya bisa ditebak, dia bilang tidak ada masalah, blogspot bisa diakses dengan lancar. Dia memakai ISP IM2. Berdasarkan informasi tersebut, kesimpulan sementara saya adalah blogspot diblok oleh telkomspeedy.

Langkah 3
Karena penasaran, sayapun menghubungin layanan 147 milik telkom. Setelah mengutarakan permasalahan saya, petugas operator bilang, “Maaf Mas, telkomspeedy tidak memblokir blogspot”. “Apakah dari kantor mbak bisa akses blogspot?”, tanya saya. “Maaf, saya tidak ada akses ke internet. Tapi, keluhan bapak akan diproses dalam waktu 3×24 jam (magical word 147!)”. Saya pun mengiyakan saja perkataannya, mungkin memang dia tidak ada akses internet. Selisih 3 jam, saya mendapatkan telpon dari petugas telkom speedy di kota nganjuk. Dia menanyakan apakah saya ada masalah. Saya baru ingat kalau 2 hari sebelumnya saya pernah mengajukan komplain dengan masalah yang sama.

“Iya, pak. Kok saya tidak bisa akses blogspot ya?” jawab saya.
“O.. mungkin blogspotnya yang lagi error, disini speedynya tidak ada masalah”, jawabnya.
“Begini pak, saya sudah coba akses blogspot dengan webproxy tidak ada masalah, saya juga telah minta tolong teman saya (yang pakai koneksi Pesatnet) untuk mengaksesnya dan tidak ada masalah. Saya juga masih bisa akses website lain kecuali blogspot”

“Kalau begitu yang error blogspotnya”, jawabnya. Pikir saya, lho kok blogspotnya yang error? kan pakai ISP lain masih bisa. “Baiklah, Pak. Coba sekarang bapak akses ????.blogspot.com (salah satu blog saya di blogspot), apakah bisa?”.

Dia pun mencoba, dan bilang kalau blogspot tidak bisa di akses. Tetap saja petugas itu ngotot kalau blogspot yang bermasalah. Akhirnya saya menyudahi pembicaraan tersebut dengan perasaan kecewa dan penasaran.

Kalau operator telkom 147 bilang blogspot tidak diblok, berarti ada kemungkinan errornya di telkom speedy nganjuk. Atau bisa juga di jaringan speedy nasional. Saat ini saya sedang menunggu temen saya yang pakai speedy tapi di daerah lain. Benarkah yang error speedy Nasional atau hanya speedy lokal. Atau memang blogspot kena imbas pemblokiran beberapa situs yang di blok oleh telkomspeedy? Untuk informasi lebih lanjut akan saya update di sini.

NB: Bagi anda yang memakai speedy apakah mengalami hal yang sama? kalau boleh saya tahu lokasi speedy anda dimana?

Update : 20 April 2008

Sudah seminggu blogspot kadang bisa diakses kadang nggak bisa. Kejadian ini sangat merugikan saya dan para pengguna speedy. Berdasarkan informasi teman-teman yang tinggal diluar jawa timur speedy yang selalu ngaco memng bermasalah untuk mengakses blogspot. Jadi kesimpulan saya adalah speedy yang error BUKAN blogspot. Tapi, yang jadi pertanyaan saya kenapa speedy nggak kasih tahu kalau ada error dan hanya bisa menyalahkan blogspot. Lagi-lagi saya harus bersabar melihat kesewenang-wenangan speedy perilaku BUMN yang satu ini

update : 29 April 2008

Kalau menurut saya, ada beberapa solusi yang bisa diambil untuk mengatasi masalah ini:
1. Pakai web proxy, walau browsing jadi lelet, at least kita masih bisa posting dan akses di blogspot.
2. Ganti ISP, tapi kalau terpaksa pakai speedy seperti saya mau nggak mau pakai cara pertama
3. Migrasi dari blogspot ke blog platform lainnya seperti wordpress.
Semoga aja telkom speedy bisa segera menyelesaikan masalah yang sangat mengecewakan ini

About these ads

62 responses to “Blogspot diblokir telkomspeedy?

  1. Ya… saya pemakai speedy juga ada di bandung.. Udah 3 hari ini emang ga bisa buka.. Klo pake google.com/translate baru bisa… Sepertinya emang di blokir deh… kan Blogger = Blogspot.. MMMmmm……

  2. @indhry
    thanks buat infonya… berarti memang speedy nasional lagi bermasalah

  3. Kebetulan kantor gue juga baru aja beralih ke Speedy, sebelumnya pake ISP kenalan. Heran juga, blogspot gue n semua situs berbasis blogspot g bisa dibuka!!! Lokasi kantor gue di Semarang Tengah. Deket lagi sama Telkom..hee..g ngaruh ya… Apa emang blogspot diblokir ma telkom ya? Besok deh kalo teknisi dari telkom datang ke kantor gue tanyain sampe puass…tapi sekarang sangat kecewa sih…

  4. waduh blog saya juga yang ada di blogspot gak bisa di akses2 gimana dong……………..

  5. yap, kayknya emang (sengaja??) di blok ama telkom. seharian gw akses g bs. kantr gw jg pake speedy. dosa apa kita ya?? haaaa…..kk ci…ngngng

  6. @semua
    iya, saya juga tidak bisa akses blogspot. Kenapa speedy seenaknya aja berbuat dzolim ya? kalau di tanya di 147 katanya kita nggak blokir blogspot, tapi kenyataannya, kalau memang speedy lagi trouble ato memang ngeblokir tolong dong bilang yang jujur. dan Kenapa???? :(

  7. aku juga gak bisa akses blog gue…
    speedy memang sering ngaco nih.. kadang bisa kadang gak bisa.
    kemarin sempet bisa 2 hari, lalu hari ini gak bisa akses lagi ke blog aku… SPEEDY DHODOL !!!

  8. iya bener hari ini di blok lagi, speedy anehhhh…

  9. Sama om…da dari hari senin speedy ga bs akses blogspot…

    …*tanya kenapa?

  10. udah bisa kok , coba aja sekarang

    hari ini dah bisa :) semoga nggak rewel lagi….

  11. lapor mas : aku juga sempet kayak gitu; teknisinya speedy lagi coba2 kaliya, akhirnya sempet seharian pake ninjaproxy.

  12. iyah blogspot ngak bisa dibuka di telkomspeedy

  13. Yup!!
    SPEEDY emang luar biasa ERRORnya
    petugasnya juga pada sama ERRORnya…saya juga lapor ke 147, jawabannya sama juga kaya di atas….

    Gimana ya solusinya ?
    apa kita semua sama2 ganti ISP aja ? saya niat ganti ISP, tapi apa ya ?

  14. iya mas.. aku juga ga bisa akses 2 blog ku di blospot
    kasihan ya…??!

  15. iya nih blog q jga ngga bisa diakses,.. kurang ajar..
    kirain komputer q yg bermasalah.. .tuuullluung

  16. @semua
    speedy memang lagi bermasalah. Seandainya ada pilihan ISP lain dikota ini …

  17. Emang…bener2 ngecewain Speedy…
    Ngacaauu Blog ku….
    Kadang bisa kadang gk…!!…

    Uda sering EROR….
    Da bulan depan Pindah ISP…
    yUK..ganti ISP kita bareng2…
    CZ Speedy bener2 ngecewain….

  18. terakhir tgl 22/4/2008 saya gunakan speedy, saya juga tdk bisa buka blogspot, saya penasaran ke warnet (ISP lain), blogspot tdk ada masalah.

  19. pontianak sama nih, gak hanya speedy tapi semua yang pake telkom kayak astinet dan TENI, cape deh..
    Apa mau di demo kali yah .. :D

  20. saya juga mengalami hal yang sama hari ini, blogspot di blog lagi, saya juga coba hubungi 147 telkom hasil jawabannya sama seperti diatas
    koq aneh ya sambung putus terlalu sering …. kayaknya admin sapidi pada baru belajar setting firewall kaleeee…… dasar STUPID!!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s