PClinuxOS : Cocok Buat Linux-er Pemula

PClinuxOS 2007 banner

Kalau kamu tertarik untuk install linux tetapi bingung memilih distro yang cocok buat pemula? saya sarankan memakai PClinuxOS 2007. Distro linux ini di desain untuk memudahkan pengguna linux pemula untuk menginstalnya. Kalau cuma ingin melihat-lihat kita bisa gunakan Live CD nya (kayak knoppix). Di dalam packagenya di isi dengan aplikasi – aplikasi yang banyak di gunakan seperti Open Office (aplikasi perkantoran), Amarok ( buat muter lagu-lagu MP3), MPlayer untuk memutar video, Gimp (Photoshop versi Linux) buat desain grafis, juga game (untuk base install belum ada, tapi kita bisa instal via synaptic).

Dan yang paling saya sukai adalah kemampuannya mengenali hardware. Baik soundcard, VGA, dan TV Tuner saya . Jadi, setelah install kita nggak perlu cari-cari drivernya , kecuali kalau ingin mengaktifkan fasilitas 3D nya. Berhubung kemarin saya sudah mencobanya dengan virtual box maka sekarang saatnya instal di hardisk.

Sulitkah installnya ?

Tidak sulit kok. Ikuti aja langkah-langkah berikut:

Persiapan

  1. Download iso PClinuxOS 2007 di sini dan burning ke CD atau kalau malas download bisa pinjam teman 🙂
  2. Buat partisi di hardisk dengan format ext3 minimal 2Gb dan swap minimal 256Mb

Langkah-langkah

  1. Masukkan CD PClinuxOS dan boot komputer dengan first boot dari CD
  2. Ketika keluar menu pilih LIve CD
  3. Ketika username dan password ada di pojok kiri atas
  4. Setelan masuk di KDE di desktop akan ada icon (shortcut) install PClinuxOS. Kalau cuma ingin lihat Live CD nya nggak perlu di klik
  5. Klik 2 kali icon tersebut dan ikuti wizardnya. Saat pemilihan partisi, pilih opsi availabel partition (otomatis dia akan mendeteksi partisi yang telah kita buat)
  6. Ketika memilih Boot Loader pilih aja yang GUI : GRUB cocok buat pemula.
  7. Langkah terakhir menetukan password untuk root dan user
  8. Setelah selesai tinggal restart dan ambil CD nya.
  9. Selamat Anda telah berhasil instal PClinuxOS 2007. Mudah bukan

Berhubung saya juga masih pemula dalam Linux kalau ada yang salah tolong di koreksi ya CMIIW.

Catatan: Untuk step – step lebih detail bisa lihat di sini (english)

21 thoughts on “PClinuxOS : Cocok Buat Linux-er Pemula

  1. Pingback: Blogspot diblokir telkomspeedy? « My Simple Blog

  2. setyo

    terima kasih telah menginfokan suatu aplikasi yang lagi aku cari-cari. Aku terus terang pingin skali belajar linux. Karena idep2 mendukung program pemerintah tentang anti pembajakan (gayane). TApi itu skarang kayane masih dalam mimpi. Ma’lim, karena aku blm punya komputer. (kathian)

    dimana ada kemauan disitu pasti ada jalan 🙂 . Saya dulu punya seorang teman, yang tidak punya komputer. Tapi, ia pintar banget dengan berbagai aplikasi komputer. bahkan saya berguru ke dia :). Setiap ke lab atau ke tempat temannya dia selalu memanfaatkan kesempatan belajar komputer 🙂
    Soal linux, saran saya pilih satu distro yang mudah buat pemula (saya pakai PClinuxOS). Ntar kalau dah tahu basic nya, baru coba-coba distro lainnya. . Selamat Belajar 🙂

  3. embi

    aq mo pngen nyoba live cd linux nich. cuman ga tau gmn sich cara bootingnya itu. pertama-tama khan masukin live cdnya ke cd room kan. nah hbs itu gmn lg? klo bisa jwbnya ke email ku.

    set First boot di Bios ke CD room

  4. enakan alixe.org atau opengeu 😀 keren dan kecil 😀

    kapan – kapan nyoba ah.. tapi sementara masih setia ama PC linux OS 😉

  5. KQlangit

    mo tanya dong
    aku dah pake pclinuxos
    tapi mo coba ganti2 theme dan skinnya
    selaen lewat internet bisa gak?
    dr cd or FDD?
    trima kasih atas perhatiannya

    cari PC linux yang resipronya dah di DVD kan. Sayang saya blm pernah coba.

  6. mas ni linux trial apa 100% Open & Free?? soale si linuxXP yang katanya free.. tapi habis 99x boot trus terkunci alias nge lock

    ini open…. setelah selesai instal nggak ada lock-lock an….

  7. Mas, pclinux ma winxp tampilanya jauh beda g???
    soalnya ku belum bisa linux
    ribet banget

    kalau pingin coba linux mungkin bisa pake yang live CD kayak knoppix. Jadi nggak perlu instal2 an, cukup set first boot ke CD. Kalau masalah tampilan tentunya beda antara windows dan linux, tergantung selera. Saya pakai dual boot : windows Xp dan PClinuxOS

  8. adi888

    mas, saya ada beberapa pertanyaan:
    1. apakah kita bisa menghilangkan salah satu jika dikomputer kita sudah terinstal windows xp dan distro-linux?

    bisa

    2. saya kesulitan utk men-download (gratis/free) dari berbagai situs, apa bisa diinformasikan di situs mana saya bisa download (gratis/free) untuk: Redhat, openSUSE dan Debian.

    coba cek di distrowatch.com atau cari di forum.linux.or.id atau search di google “download redhat .iso”

    Sya ucapkan terimakasih sebelumnya mas..

  9. Pingback: Downlaod PClinuxOS 2009 « My Simple Blog

  10. Pingback: Pindah Haluan ke Ubuntu « My Simple Blog

  11. akhmadbjm

    nice info… tapi masih ragu… ku masih gaptek dan bodoh tentang LINUX.. hhe… tapi boleh nanya gak? kalo satu partisi aja yang digunakan, dan itu pun sudah terinstal XP! apakah bisa di install tanpa formating partisi? aku takut kalo XP ku hilang 😦

    plis muhun pencerahannya 🙂

    1. kalau ingin install linux harus pake partisi lain beda formatnya : xp pake NTFS kalau linux pake EXT2. kalau gak mau install bisa pake linux live cd seperti knoppix.

  12. po

    kalo pakai linux untuk instal driver2 hardwarenya gimana??
    sound, grafik card, wifi. dlll
    punyanya driver untuk windows 7

    1. untuk driver sound dan vga, linux sudah menyediakan. biasanya ada di repositorinya. Kebetulan sekarang, saya sudah beralih ke ubuntu, tidak lagi pakai PClinuxOS. karena supportnya lebih bagus dan tutorialnya juga banya.

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.