Tips Berbelanja Online di Internet

tips online shopping

Dengan adanya internet sekarang membeli barang semakin mudah. Kita nggak harus ke toko langsung tapi bisa juga melakukannya pembelian via internet (online shopping). Namun demikikian, masih banyak orang yang masih ragu untuk belanja online via internet karena berbagai alasan seperti kondisi barang yang tidak jelas dan takut ditipu. Kalau menurut saya, selama barang masih ada di toko di sekitar kita memang lebih baik membeli toko secara langsung. Nggak perlu beli sego pecel via internet? :mrgreen: Kalau barang tidak ada dan kita membutuhkannya tidak ada salahnya kita membelinya lewat internet.

Berikut beberapa tips berbelanja online yang aman di internet :

1. Pastikan anda membeli di toko online yang Credible
Jangan asal pilih toko online karena iming-iming harga yang murah. Pastikan hanya belanja di toko online yang cukup dikenal. Misal : bhinneka.com untuk toko komputer. Biar anda yakin tidak ada salahnya kita mencari informasi / review tentang layanan toko tersebut dari orang lain yang pernah melakukan transaksi disana.

2. Memiliki support yang bagus
Sebelum melakukan transaksi pastikan anda mendapatkan informasi yang jelas mengenai produk tersebut baik harga dan jaminan saat pengiriman. Cari toko online yang memberikan Live Support bisa berupa YM atau lainnya. Biasanya saya mencoba melakukan chat dulu ke supportnya. Kalau mereka responnya ogah-ogahan lebih baik jauhi deh.

3. Lakukan perbandingan
Jangan terpaku dengan satu toko online. Lakukan perbandingan dengan toko online yang lain, baik harga, kualitas barang, kredibilitas, support dll. Sekarang sudah banyak online shop yang bisa jadi alternatif.

4. Percaya dan Yakin
Kalau anda kurang yakin dengan toko online tersebut lebih baik jangan lakukan transaksi. Salah satu syarat bertransaksi via internet adalah Percaya. Kalau anda kurang sreg belanja lewat internet ya lebih baik jangan. Daripada menyesal kemudian.

Semoga beberapa tips tersebut bisa membantu anda yang ingin belanja online. Kalau ada tambahan silahkan tambahkan di komentar

2 thoughts on “Tips Berbelanja Online di Internet

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.