Free Software Al Qur’an Reciter

software al qur'an gratis

Banyak cara untuk mendengarkan Al Qur’an di komputer, mulai dari mendengarkan mp3 Al Qur’an di media player seperti KMPlayer, ataupun dengan menggunakan software Al Qur’an Reciter. Kalau lewat mp3 Al Qur’an kita hanya bisa mendengarkan lantunan bacaan Al Qur’an saja. Sementara kalau dengan menggunakan Al Quran reciter, disamping suara, kita juga bisa membaca tulisan lafal Al Qur’an dan terjemahannya.

Salah satu Software Al Qur’an reciter di PC yang terkenal adalah Holy Qur’an. Software ini memiliki fitur yang sangat lengkap, mulai dari mendengarkan Al Qur’an, terjemahan dengan multi bahasa, reciter/qori yang berbeda, search untuk kata-kata tertentu dalam Al Qur’an, tafsir Al Qur’an dll. Sayangnya, software ini tidak gratis dan kita harus membelinya untuk menggunakannya.

Setelah berkonsultasi dengan Om Google, akhirnya saya menemukan program pembaca Al Qur’an yang memiliki fitur bagus dan bisa di unduh secara gratis. Namanya Qur’anReciter. Software buatan Shafeek Mohammed bisa melantunkan Ayat-Ayat Al Qur’an sekaligus menampilkan langsung artinya dan tafsirnya secara bersamaan. Software Qur’an ini sudah mensupport terjemahana dalam bahasa Indonesia, untuk tafsirnya masih dalam bahasa inggris(sampai tulisan ini dibuat). Tampilan software ini mirip dengan winamp classic.

Al Qur'an Reciter

Fitur lengkap dari qur’an reciter ini antara lain

  • Complete Quran Recitation of Sa’d Al-Ghamdi
  • Display of Arabic text and 3 different English translation of the recited verse.(Picktal, Yusuf Ali and Shakir)
  • Yusuf Ali Commentary and English Transliteration.
  • Quran Translations in 25 languages. (Azerbaijani, Bengali, Bosnian, Chinese Simplified, Chinese, Dutch, Finnish, French, German, Indonesian, Italian, Japanese, Korean, Malayalam, Malaysian, Persian, Polish, Portuguese, Russian, Spanish, Swahili, Tamil, Thai, Turkish, Urdu)
  • Two different modes, Range Mode (for reciting a set of verses) and Verse Mode (for reciting verse by verse)
  • Word by Word meaning display for Amma Juz’ (Sura 78 to 114)
  • Recitation can be configured to recite a set of verse any number of times for memorisation (Press Ctrl+R for recitation option)
  • 10 band graphic equalizer
  • Any range of verses can be saved as MP3. (Useful for memorizing Quran, saved MP3 can be played in mobile or any MP3 player)
  • Completely linked with the quran index available at http://www.quran-hadith-index.com .
  • Quick verse navigation : Press “S” followed by sura number and “V” followed by Verse number to Navigate to a particular verse
  • First completely free Quran software in Internet with full Quran Audio

Menurut saya pribadi, Qur’an reciter merupakan salah satu software Islami yang wajib di dinstal di PC buat para muslim. Kalau Anda tertarik, software Al Qur’an reciter gratis yang berkapasitas 13MB ini bisa di download di sini. Untuk bisa mendengarkan suara Al Qur’an, Anda juga harus mendownload audio/MP3 files for QuranReciter juga. *lumayan besar ukurannya*

Semoga bermanfaat. smile

related search : software al qur’an, reciter alqur’an, pelantun al qur’an di PC, software Al qur’an gratis, mp3 Al Qur’an, software baca al qur’an

6 thoughts on “Free Software Al Qur’an Reciter

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.