Tips Membuat Password Kuat dan Mudah Diingat

secure password
Sebuah password dikatakan aman dan kuat kalau memenuhi beberapa syarat. Diantaranya harus memiliki panjang minimal 8 karakter, terdiri dari huruf, angka, symbol, serta tidak menggunakan data identitas diri seperti nama kota, tahun kelahiran. Contoh password yang kuat dan sulit ditebak adalah seperti ini @%f!567BZV245NDz!#$?;;z. Password tersebut sudah memenuhi kriteria password yang kuat dan aman. Namun, sayangnya password tersebut bukan pasword yang baik karena sulit untuk diingat dan acak :(. Padahal, sebuah Password yang baik itu harus kuat tapi juga mudah diingat.

Coba bandingkan dengan kata sandi berikut KertasPlastik8341*#$!:TWR. Sekilas password ini terlihat acak. Tapi, kalau Anda tahu proses pembuatannya maka password ini termasuk mudah diingat, kuat, dan bisa diketik dengan cepat. Selain itu, dengan sedikit modifikasi kita bisa membuat password yang unik dan berbeda untuk setiap akun website. Nah, bagaimana cara pembuatannya? ikuti langkah-langkah berikut ini,

Cara membuat password yang aman dan mudah di ingat

  1. Tentukan dua kata yang mudah diingat, misal tahugoreng. Dua kata ini akan kita gunakan sebagai dasar untuk membuat password yang unik dan mudah diingat.
  2. Ganti huruf awal dua kata dasar diatas dengan huruf besar/kapital. tahugoreng –> TahuGoreng.
  3. Tambahkan empat angka di belakang dua kata tadi. Usahakan empat angka tadi tidak berurutan seperti 1234. Gunakan angka yang memiliki makna untuk Anda. Kita ambil contoh 1945.
  4. Sambil tekan tombol SHIFT, ketik ulang empat angka tadi.
  5. Tambahkan karakter titik dua : dan singkatan website di akhir password. Misal, :FBK untuk facebook, :TWR untuk Twitter dst.

Setelah mengikuti tips sederhana diatas maka hasil akhir password/kata sandi kita dengan kata dasar tahugoreng adalah TahuGoreng1945!($%:FBK (untuk facebook). Kalau untuk twitter, tinggal ganti akhirannya menjadi TahuGoreng1945!($%:TWR.

Untuk mengukur seberapa kuat password yang kita buat, Anda bisa tes disini. Dan hasilnya untuk contoh password diatas adalah

cek kekuatan password

Cukup kuat bukan? :) . Sekedar catatan: Website ini tidak akan mengirimkan password yang Anda masukkan ke server lain. Karena ia menggunakan javascript di browser untuk mengukur kekuatan password. Tapi kalau Anda masih ragu, Anda bisa menggunakan dummy password yang memiliki pola seperti diatas misal TempeBacem2013@)!#:FBK

Kalau Anda ingin membuat password yang lebih kuat lagi, Anda bisa mengganti huruf vokal dengan angka misal TahuGoreng1945!($%:TWR menjadi T4huG0r3ng1945!($%:TWR. Namun, langkah ini akan sedikit menyulitkan kalau kita ingin mengetik pasword dengan cepat.

Semoga bermanfaat ;)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s