Xperia Neo V, Smartphone Android Pertamaku

pengalamanku dengan xperia neo v review
Sudah sejak lama saya memimpikan smartphone yang bisa memudahkan pekerjaan sekaligus mampu memberikan hiburan. Dari hasil riset via internet pilihan jatuh pada Android, si robot hijau yang sedang naik daun. Sebelumnya sempat berpikir untuk beli Blackberry, namun karena fitur hiburannya agak kurang dibandingkan dengan Android akhirnya saya urungkan untuk memasukkan dalam daftar pencarian. Kalau iPhone terus terang terlalu mahal bagi saya untuk ukuran sebuah gadget. Dan selama ini kurang begitu familiar dengan produk Apple.

Untuk menentukan vendor hp android saya sempat bingung, karena begitu banyaknya pilihan mulai dari samsung, sony ericsson, HTC, LG dll. Namun setelah dipertimbangkan dan disesuaikan dengan budgetnya, akhirnya tinggal dua pilihan : Samsung W atau Sony Ericsson Xperia Neo. Secara hardware Samsung W lebih unggul di bandingkan Xperia Neo, namun fitur auto focus waktu video recording jadi nilai plus bagi xperia neo.

xperia neo v

Setelah membandingkan spesifikasi, melihat video review di youtube, dan baca-baca di forum, kemudian saya memutuskan untuk mengambil Sony Ericsson Xperia Neo. Tapi sayangnya, waktu beli stok lagi habis dan yang tersedia Sony Ericsson Xperia Neo V (5MP tanpa Exmor R). Daripada nunggu lagi, akhirnya saya beli SE Xperia NEO V.

Ketika Handset dah sampai di tangan, langsung deh di explore fitur-fiturnya. Berhubung HP android pertama, sempat bingung di awal-awal :D . Tapi setelah beberapa jam, sudah mulai terbiasa. Tidak salah saya pilih SE xperia neo v, karena HP android ini sesuai dengan ekspetasi saya, layar lebar, bisa main game HD, browsing lancar, kamera dan video jernih plus autofocus, baca PDF ataupun edit file word / excel tidak ada masalah. Untuk baterai, sekali charge bisa bertahan +/- 10 jam untuk penggunaan wajar (versi saya). Tapi, kalau di buat nge-game, browsing, dan telpon lama mungkin bisa lebih cepat habis baterainya. Untuk standby, baterai tahan sampai 2 hari lihat screenshotnya disini

Kekurangan kecil dari xperia neo v adalah suara ringtone relatif pelan dibandingkan samsung bada saya dengan level volume sama. Namun, untuk memainkan musik tidak perlu khawatir karena ada fitur xLoud yang bisa bikin suara jadi lebih keras. Dan satu lagi, akurasi GPS xperia neo v masih kalah dengan samsung wave 525 saya meski sudah mengaktifkan WIFI dan GPS, terdapat perbedaan sekitar 900m dari lokasi saya yang sebenarnya. sad

Tapi secara keseluruhan saya cukup puas dengan performas si xperia neo v. Terutama untuk fasilitas multimedianya. sad

Untuk detail spesifikasi xperia neo v bisa liat dibawah ini (sumber:gsmarena.com)

spesifikasi xperia neo V

29 responses to “Xperia Neo V, Smartphone Android Pertamaku

  1. wae hp baru, semoga cocok dan banyak manfaatnya

  2. Harganya brapaan kang? Katanya neo saingannya galW, game HD apa yg bs dimainkan itu kangm,mau saya cobain di GalW saya, buat perbandingan mana yg lebih hebat, hehe..

    • Sekitar 2700k-an. iya saingan GalW. kalau procienya masih menang GalW. Cuma saya lagi cari yang video recordingnya bisa autofocus, akhirnya pilih neo V. Untuk game HD baru nyoba Asphalt 6 dan AirAttack.

  3. kalo masalah ke’akurasian GPS,.. mungkin punya’nya mas, masih da yang belom di seting kali,…
    soal’nya punya’ku akurat kok,.. aku juga pengguna Neo V,
    trus kalo soal game,.. neo v pasti juara,… soal’nya,.. aku coba game HD banyak banget,..
    Nova, Asphalt, Real footbal 2012, Need for speed, Brodher in arm, Fast n furiuos, GTA,…. n Real Racing yang game’nya nyampe 800mb ja lancar ni di hp’q,..
    neo v kurang’nya cuma satu,… pada belom tahu semua kalo hp ni tu sbenernya cangggih,.. Hasil benchmark aja gal W yang udah pake pross 1.4 Ghz masih kalah ma neo V (Sumber Komparasi neo vs Galaxy W http://www.tabloidpulsa.co.id)

    • Salah setting gimana? ini aku udah cetak “setelik GPS” tapi tetap gak mau :( *tes pake GPS Essentials **Tapi klo aku tes di hp satu (X8) malah work :]

  4. sama mas… saya awalnya ragu antara Neo V VS Gal. W
    tapi setelah liat review dr situs dalam/luar akhirnya saya lebih milih Neo V..
    mantap ni Hp super lengkap, gambar jernih, Led notif,shutter cam. fitur cameranya jg jauh lbh lngkap dr Gal.W. apalagi ada slot micro hdmi sbg nilai tambah, bs browsing,liat foto/video n maen game di layar LCD :D

  5. kalo kameranya gimana gan pas ngambil gambar ditempat gelap??
    bagus/ jernih ga gambarnya gan??

    • Kalau di tempat gelap masih lebih bagus xperia neo (tanpa V). Untuk ukuran kelas HP, NEO V udah termasuk bagus. *kalau ingin hasil kamera yang lebih bagus saya pakai camera digital.

  6. kalo sama xperia ray bagus mana ditmpt gelapnya gan??
    soalnya gi bingung in….

  7. apakah benar neo V hanya sampai 3G saja, tidak bisa 3,5G, kalau benar,… memble dong…

  8. hahaha, selalu pilihan akhirnya jatuh antara galaxy w vs neo v ya, setelah saya baca komentar di galaxy w banyak yang ga puas, kayaknya neo v lebih bagus, cuma ko mas bilang daya tahan baterenya cuma 10 jam ya? itu bukannya boros banget berarti mas?

    • Tergantung penggunaan. Kalau buat ngegame, youtube, live streaming bisa cepat habis baterainya. Tapi kalau untuk telp dan sms saja bisa sampai 1 hari. kalau lebih banyak standby, bisa sampai 2 hari.

      xperia neo v tahan 2 hari

  9. satu info lagi, katanya galW ga akan dapet official ICS dr samsung, artinya cm mentok smpe gingerbread doang…kacau..

  10. koneksi wifi – ataopun saat jdi hotspot.gmna kinerja neo v,mas??

    • kalau Wifi lancar. Sementara hotspot cuma pakai sekali. bisa konek tapi berhubung jaringan lemot (cm dapat EDGE, 3G blm terlalu stabil), gak bisa internetan lancar.

  11. Mau tanya,

    1. berapa ukuran panjangxlebar layar neo v dalam cm?

    2.Apa penangkap sinyal neo v bagus?
    Soalnya kalo ray katanya suka hilang sinyal

  12. mau nannya dong, aku baru beberapa hari pake xperia neo v, trus gak bisa kirim sms, tapi nerima sms bisa
    ada yg tau gak kenpa ?

  13. numpang ngomong yah…. wat smuanyaaa… aku dah pka X-neo v skitar 6blan-nan… masalah yk ada 1. sms terbaru sering tampil tdak beraturan dalam satu kotak smsx, paling sering ni… sms terbaru yk hrsx paling bwh malah masukx paling atas (gejala ini jj terjadi pd live walkman mlik rekan saya) 2. akhir juni kmarin aku dah upgrade ke ICS 4.0.4 , d banding os bawaan na Performanya sdikit menuru. imbasnya multitakstx gak berjln lancar & sering nge lag… munkin krna kapasitas RAM (512Mb) yank kurang mumpuni kali ya…

  14. gan ane newbee dii smartphone berbasis android mau minta solusi buat xperia neo v ane
    ane maen game koq suka ketutup sendiri lgsung ke lyar home
    xperia neo v ane udah pake os 4.0.4
    apa da pengarung iaa sma game yg ane maenin ??
    sebaik iaa pake os bawaan apa pake os 4.0.4 ??

    • Apakah masalah terjadi pada satu jenis game atau semua game? Kalau hanya game tertentu mungkin ada masalah compatibilitas game dgn os. Atau bisa juga Memory neo v nya kurang. Untuk detailnya mungkin agan bisa coba tanya ke sini mereka hobi utak atik xperia neo v. Selama ini ane pakai OS versi MT11i 2.3.4 – 4.0.2.A.0.42. Main game tidak ada masalah.

  15. oklik atas info iaa
    ane coba gan

  16. Pingback: Cara Install BBM di Tablet Android | My Simple Blog

  17. gan. setelah pindah dari gingger ke ics kog malah gamenya tambay lemot

    • Saya belum pernah upgrade ke ics, karena setahu saya neo v tambah lemot kl pakai ics. Selama ini masih pakai gingerbread.

      Coba pakai ics custom rom di xda developer atau balik ke gingerbread.

  18. mhon kasih tau solusinya gan.

Leave a Reply

