LongURL, Menampilkan Link Tersembunyi di ShortURL

short URL detector

ShortURL adalah peyingkat URL panjang dari sebuat website agar mudah di ingat, untuk efisiensi karakter (seperti yang ada di Twitter), atau untuk keperluan tracking. Selama link-link tersebut menuju ke halaman website biasa tidak menjadi masalah. Akan tetapi, banyak orang iseng yang menyingkat url yang berisi website berbahaya atau jebakan betmen (istilah kaskuser 😉 ). Kalau kita tidak berhati-hati, bisa-bisa komputer kita akan terinfeksi virus atau worm setelah mengunjungi website ‘terlarang’ tersebut.

Agar kita tidak tertipu, kita bisa meminta bantuan LongURL untuk mendeteksi short URL yang mencurigakan. Sehingga kita bisa tahu tujuan dari short URL tersebut tanpa perlu meng-kliknya. LongURL mendukung banyak penyingkat URL yang ada di internet, mulai dari goo.gl, bit.ly, tiny.com, dll.

hasil long url

Caranya menggunakan LongURL cukup mudah, Anda tinggal meng-copy link short URL trus paste-kan di kolom yang ada di LongURL.org. Setelah Anda klik tombol Expand, maka link tujuan sebenarnya akan muncul (lihat gambar di atas). Untuk pengguna Firefox, Anda bisa juga menggunakan Firefox Add On atau script Greasemonkey dari LongURL.

Semoga bermanfaat 😉

2 thoughts on “LongURL, Menampilkan Link Tersembunyi di ShortURL

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.