Pengalaman Terkena Virus Virut.NBP

virus

Selama perjalanan saya “bermain” komputer baru dua kali kena virus yang bikin repot. Pertama kena virus brontok, sekitar tahun 2005. Kalau nggak salah, file word yang diserang (benar ya?) Udah gonta-ganti AV, waktu itu, nggak mati2 juga tuh virus. Saya khawatir kalau file word (yang penting) yang terinfeksi nggak bisa dibalikin lagi. Tapi, akhirnya ada temen yang kasih Brontok remover untuk memberantasnya. Alhamdulillah. beres.

Setelah 4 tahun nggak ada masalah dengan virus, minggu kemarin kena juga Virus Virut.NBP. Terus terang kenanya pun saya nggak sadar. Kok tiba-tiba Firefox jadi sering lambat, dan akses beberapa web yang secure, kayak microsoft, selalu gagal. Tapi, ketika saya browsing dengan linux, semua terasa lancar.

Setelah saya update NOD32 saya, tiba-tiba hampir 200 file exe (system + software) telah terinfeksi. Wew 200 file. Langsung switch ke linux dan tanya om google cara mengatasi Virut.NBP. Dari info yang saya baca, virus ini termasuk bandel. Setiap file exe yang terinfeksi bisa jadi ‘zombie’ yang menular ke file exe lain. Cara terampuh untuk mengatasi virus ini adalah FORMAT hardisk manyun. Waduh, kalau format hardisk harus instal ulang, mana ada beberapa program yang installnya harus online, kayak chrome (walau sekarang dah ada yang offline installer).

Berhubung tidak mau langsung format sayapun coba cari cara yang lain. Pertama, scan virus lewat safe mode (gagal), mencoba membasmi dengan program khusus buat Virut.NBP punyanya AVG (gagal), Scan antivirus dengan CD recoverynya BitDefender (gagal), recovery file system dari CD windows XP aslinya (gagal juga.. arghrhrh). Berhubung nggak ada yang berhasil akhirnya nurutin juga cara terakhir, FORMAT hardisk. Untuk kasus ini saya hanya format drive C:\

WAIT!!! ada catatan penting nih, JANGAN LANGSUNG install ulang setelah format. Matikan dulu power supply PC selama 3-5 menit, agar data di memory bisa clear. Karena ada beberapa kasus, kalau Virus Virut.NBP bisa muncul lagi setelah format + install ulang, jadi mungkin Virus Virut.NBP juga ngendon di memory.

Berhubung nggak mau beresiko, proses format drive C:\ dilakukan di Ubuntu (thanks linux you are so helpful in this case). Saya juga tidak lupa mendownload master antivirus dan firewall dan menaruhnya di drive C. Soalnya master di drive lain udah ke infek semua.

Setelah install ulang XP selesai, langsung install antivirus dan firewal. Langsung scan semua drive. Alhamdulillah, tidak ditemukan lagi Virus Virut.NBP. Yang sedikit heran, file exe yang di detect terinfeksi sekarang sudah clear. Hmm, mungkin inang virus nya dah hilang, jadi nggak ada yang mentrigernya.

10 responses to “Pengalaman Terkena Virus Virut.NBP

  1. sedikit sharing tentang pengalaman tentang virus, dulu waktu semester 6 atau 7 kemarin aku juga terkena virut, itu bisa dikatakan awal kemunculan virus virut atau yang lebih dikenal dengan win sality ini.

    aku saat itu tidak tahu klo virus ini mampu menginjeksi file-file exe. jadi dulu habis aku install ulang, langsung aja aku install software2 yang lain. Jadinya kena lagi. Hal itu berulang – ulang sampai 3 kali. Wow sehari 3 kali install ulang, untung saja hardisk ku cukup kuat.

    sampai akhirnya aku baca di forum, file yang terinfeksi harus di scan dulu. dulu ada tool dari dr.web dan berhasil. dari situ aku mulai kenal Dr.Web, anti virus yang menurut saya terbaik yang pernah saya pakai, tapi saya mencari key sangat sulit. tidak semudah mengakali Kaspersky, Nod, AVG, Norton atau antivirus-antivirus yang lain.

  2. Makane, pakek Symantec End Point Protection Ris… :-)

  3. virus emang menyebalkan…

  4. terima kasih banyak bro kan bisa antisipasi.

  5. iya nih payah banget virus ini sampe bikin aku hampir gila…..untung ada dr.Web…. tp dibantu dr.Dc tapi beneran anti virus paling ampuh mang dr.Dc….

  6. skedar informasi gunakanlah kaspersky removal tool karena smua virus hanya menggunakan logika matematika .
    tidak ada yg namanya virus lokal ato luar .
    karna smua virus digunakan dngan kode internasional .
    hanya kaspersky lah yg menggunakan teknik itu .
    wlopun KV thun 2007 tpi isa duganakan me Remove virus yg thun 2010^^

  7. wah,iy neh ane juga kena virut.nbp,da clear sih,pake ESET,tapi semua master ane dah gag bisa dijalanin,:( corrupt semua kayaknya,klo ane pake cara diatas bisa balikin master ane gag y??

    mohon pencerahannya akang . . . .:)

  8. makasih dr.webny….

Leave a Reply

