Category Archives: Catur

tempat hobby caturku…

Kuis Catur 2

catur online

Salah satu cara mengasah kemampuan bermain catur adalah dengan belajar menyelesaikan kuis catur yang disusun sedemikian rupa . Nah, buat Anda yang hobi catur berikut ada beberapa kuis catur yang bisa dijadikan ajang latihan. Hayo, siapa tertantang untuk menyelesaikannya. Continue reading

About these ads

Catur Online di Yahoo Game

catur online

Beberapa hari ini saya iseng main catur di yahoo game. Niatnya sih buat menigisi waktu luang aja plus menyalurkan hobi . Kenapa tidak main catur dengan teman saja? karena saya penasaran ingin main dengan orang dari luar Indonesia, bagaiamana gaya permainan mereka? apa sama dengan orang indonesia.

Dari beberapa level yang ada saya memilih level intermediate alias yang sedang-sedang saja. Tidak terlalu gampang dan tidak terlalu berat lawannya. Dari 6 pertandingan catur, saya menang 4 kali dan kalah 2 kali, not bad . Karena ini pertama kali saya coba catur online.

Continue reading

Kuis Catur

Bagi kamu yang punya hobi dengan catur pasti kenal dengan kuis catur jalanan. Biasanya “bandar” akan memberikan hadiah bagi mereka yang mampu menyelesaikan kuis catur dengan mat tiga langkah. Hadiahnya sih nggak muluk-muluk paling sebungkus rokok. Bagi pecinta catur hadiah bukan masalah tapi tantangan untuk memenangkannya yang lebih penting .

Sebenarnya kuis catur itu tidak terlalu sulit kalau kita pernah belajar teori catur. Terutama teori catur kombinasi dan manuver. Secara umum perbedaan kedua teori tersebuat adalah kalau kombinasi merupakan strategi mengalahkan lawan dengan mengorbankan buah catur, sedangkan manuver adalah strategi mengalahkan lawan tanpa mengorbankan buah catur. Nah, biasanya kuis catur itu dapat diselesaikan degan metode komibnasi. Tapi, ada juga yang memakai manuver, tergantung posisi buah catur.
Continue reading

Viswanathan Anand : Menembus Rating 2800

permainan Catur

Akhirnya GM dari India ini berhasil menembus rating 2800. Dia menjadi salah satu dari empat Grand Master dalam sejarah yang berhasil mencapai level ini. Dengan rating saat ini (2801) anand menempati peringkat 1 dalam daftar Top 100 player. Gelar terakhir yang ia raih adalah 2007 FIDE World Chess Champion (Undisputed).

Continue reading

Karakter dan Gaya permainan

papan caturPermainan catur bukanlah proses yang hanya melibatkan 32 buah catur dan 64 petak, melainkan sebuah pertarungan yang melibatkan emosi antara dua individu yang dibatasi oleh peraturan permainan yang baku, dan mereka tidaklah pernah dapat menghindari kesalahan/blunder, baik blunder kecil maupun blunder besar dalam permainan tersebut.

Setiap pemain catur, baik amatir atapun profesional, akan membawa unsur karakter kepribadiannya yang tercermin dalam gaya permainannya. Gaya permainannya bukanlah hanya perpaduan dari pengetahuan caturnya saja, akan tetapi merupakan ekspresi dari karakternya. Jika kita mengenal seseorang dengan baik dalam kehidupan kesehariannya, maka kita dapat menebak gaya permainan seperti apa yang akan dia pilih dalam permainan caturnya. Seorang yang terlalu berhati-hati dan selalu khawatir dalam hidup tidaklah akan menampilkan gaya permainan yang berani. Seorang dengan jiwa spekulatif (gambler), akan memainkan permainannya dengan keputusan-keputusan yang beresiko yang terkadang tanpa memperhitungkan secara mendalam kemungkinan jawaban-jawaban langkah dari lawannya. Seorang optimis cenderung menilai posisi terlalu berlebihan, sementara seorang pesimis akan selalu melihat bahaya dan kesulitan dalam setiap posisi. Gaya individu seseorang dalam permainannya merupakan refleksi dari karakter pemain tersebut. Continue reading

Bocah Ajaib

Magnus Carlsen adalah Grandmaster (GM) catur termuda dalam sejarah, ketika dia mencapainya di usia 13 tahun dan menggemparkan dunia dengan memenangkan turnamen Corus Group C di tahun 2004 secara amat gemilang mencetak angka 6.5 menghadapi 8 lawan GM.

Sebelumnya Magnus dikenal sebagai bintang catur di negaranya Norwegia. Dia seorang anak yang sederhana, murah senyum dan disenangi banyak orang. Dia berlatih amat keras untuk kemajuan caturnya. Mula-mula hanya 2-3 jam per hari, kini sekitar 4-5 jam per hari. Dia banyak menghabiskan waktu membaca buku-buku teori catur, bermain catur online di Internet, dan berlatih bersama pelatihnya.

Untuk mengembangkan bakatnya secara optimal, orang tuanya menjual mobil bekas mereka dan menyewakan rumah mereka, dan selama setahun penuh mereka berkeliling dunia mengikuti turnamen-turnamen catur. Magnus tetap tidak mengabaikan pekerjaan rumah sekolahnya, walaupun itu dilakukannya di kursi jok belakang mobil atau di kamar hotel. Mengikuti turnament catur di seantero dunia membutuhkan biaya yang tidak sedikit, dan akan mustahil tanpa dukungan keuangan yang memadai. Untunglah mereka menemukan sponsor baru yaitu Microsoft. Continue reading

Grand Master Kelurahan

Walaupun kemarin waktu lomba catur di kabupaten aku nggak bisa menang tapi kekecewaan itu terobati dengan kemenanganku di tingkat desa…mungkin ‘gaungnya’ beda at least hal itu cukup membanggakan. Setelah dua malam bergelut dengan kotak hitam putih 8×8 aku memperoleh skor 4,5 dari 5 kali permainan. Sementara rival terberatku si Ahmad N (alias Black) juga mengumpulkan nilai yang sama 4,5. Nilai 0,5 kuperoleh saat tanding dengan Black di pertandingan ke dua. Karena sama-sama kuat akhirnya kami remis (0,5-0,5) , hasil yang pantas bagi kami berdua.

Setelah selesai 5 pertandingan saatnya dewan juri untuk mengumumkan juara 1,2 dan 3. Deg-degan juga siapa yang jadi juara apakah aku atau black? Setelah di hitung score lawan main selama 5 pertandingan aku memperoleh nilai lebih satu point di atas black [semakin tinggi total nilai lawan main kita dari seluruh babak berarti kita menang dengan kerja keras karena musuhnya termasuk ‘berat’]. Wuih nggak nyangka bisa jadi juara 1, padahal waktu remis aku pegang bidak putih. Alhasil dapat gelar Grand Master Kelurahan

Lumayan, hadiahnya bisa buat beli mie goreng + traktir keluarga :D

Lomba Catur Agustusan

Rabu besok merupakan hari yang aku tunggu-tunggu selama ini. Setelah kurang lebih 10 tahun akhirnya aku bisa ikut kompetisi CATUR lagi walaupun cuma tingkat kabupaten. Tapi,…tak apalah untuk mengobati rasa kangenku dengan permainan CATUR. Sebenarnya udah lama aku suka ma CATUR [flashback dikit nih ceritanya.......] sejak umur 5 tahun aku udah dikenalkan ma cara main CATUR. Walaupun kalah terus aku tetap seneng sama yang namanya CATUR. Continue reading