Galaxy Note 8 Tidak Bisa di Charge

lowbat

Akhirnya Galaxy note 8 saya harus ‘opname’ ke Samsung Service Center (SSC) gara-gara terkena ‘penyakit’ tidak bisa di charge. sad Sebelum di kirim ke SSC saya sudah coba untuk memperbaikinya sendiri, mulai dari ganti kabel USB, ganti charger, copot konektor baterai (hard reset), bersihin soket port USB, sampai factory reset. Tapi, hasilnya nihil. Si note 8 tetep tidak bisa di cas, tidak ada tanda petir di icon baterai. Tanda silang merah pun juga tidak ada.

Kesimpulan sementara saya, bahwa ada kerusakan di bagian port USB si galaxy note atau PCB bagian charging. Saya tidak tahu apakah ada IC yang rusak, atau ada jalur PCB yang putus atau ada bagian solder yang renggang. Berhubung saya tidak ada alat untuk investigasi lebih lanjut, ya sudah saya putuskan untuk di kirim saja ke Samsung service center mumpung garansi belum habis.

Untung si seller orangnya baik hati, mau membantu saya untuk klaim garansi. Karena saya harus kirim ke Jakarta untuk klaim garansinya. (thx bro Ferry).

Semoga si Note 8, cepat sehat.

Update: 4 Maret 2014
Alhamdulillah si Note 8 sudah ‘sehat’ kembali, setelah masuk service selama +/- 2 minggu. Tidak ada biaya service, karena masih garansi. Hanya keluar biaya ongkir balik sebesar 30rb.

10 responses to “Galaxy Note 8 Tidak Bisa di Charge

  1. Note 8 saya sepertinya mengalami hal yang sama, sudah dicharge semalaman tidak penuh2 juga…mau tanya, kalau dibawa ke ssc untuk diperbaiki, apakah note kita akan di reset sehingga data2nya hilang?(kalau memang iya, saya akan membackupnya terlebih dahulu)…

  2. sepertinya ini termasuk cacatnya Note 8, sering sekali note 8 saya jg bermasalah terkait charging dan baterai (sudah pernah dibawa ke SSC)

  3. barusan note 8 saya juga gabisa dicharge (lagi), padahal januari lalu juga kena kasus sama. apakah back up data bisa dilakukan di ssc nya? mohon reply nya bang

    • Untuk data biasanya saya lakukan sendiri. Sambungkan tablet ke komputer trus di copy file2 yang penting ke PC. Untuk backup ke SSC, saya kurang tahu. Mungkin bisa coba ditanyakan langsung ke SSC nya by phone.

  4. Gan.. saya jg terkena mslh yg sm. Tp note8 sayA udah di bongkar sm teman teknisi ( bukan teknisi samsunf center ). Tp beberp hr yg lalu rusak lg. Itu kira2 garansinya msh berlaky ga ? Trus klo ga berlaku. Brapa kira2 biaya service nya ? Thanks.

    • Mungkin masih bisa gan. Kemarin waktu cek sendiri, ane cuma lepas pasang batteray saja sih, nggak sampai di solder.
      Coba saja telpon ke service centernya langsung untuk kepastian berapa biaya kalau di service (kalau garansi dah void). Kemarin ane masih garansi, jadi biaya service tidak ada.

      Alamat SSC terdekat bisa di cek disini

  5. Saya juga mengalami hal serupa, kadang note 8 saya di cas bisa lebih dari 4 jam baru penuh, lalu saya diamkan setengah jam baru dihidupkan kembali, tetapi batre nya tidak 100% melain kan 60 atau 70 atau 80%.
    Akhr nya saya bawa k SSC tp mereka blg d cek dl, jika demekian kemungkinan harus mengganti batre. Selang 2hr saya dihub ternyata tidak kenapa2, mereka cas 100%. (Memang terkadang juga saya cas bisa full 100%, tapi jarang) dan akhirnya note 8 saya di factory reset ulang.
    Adakah solusi lain nya untuk note 8 saya?
    Sedangkan untuk mengganti batre biaya nya sangat mahal.

  6. Kemungkinan yang bermasalah di bagian battery, karena masih bisa charging meskipun lama. Kalau saya sama sekali tidak bisa charge. Tidak ada indikator mengisi atau tanda silang di battery icon.

    Untuk solusinya terus terang saya tidak tahu, karena belum pernah mengalaminya. Mungkin pembaca yang lainnya bisa kasih solusi?

Leave a Reply

