Sony DRU 840A – DVD RW yang aneh?

SOny DVD RW

Sudah dua hari DVD RW Sony DRU 840A saya bertingkah aneh. Setiap akan burning data ke DVD atau CD lewat Nero (dapat dari paket pembelian DVD RW) selalu error, DVD RW Sony DRU 840A tidak muncul di burner device. Padahal hari sebelumnya tidak ada masalah, baik baik saja. Untuk baca DVD/CD tidak ada masalah.

Sudah coba intall ulang Neronya tapi tetap tidak bisa mengenali si DVD RW. Coba burn di Linux juga gagal, hanya loading. Hmm.. mungkin DVD/CD blanknya yang rusak. Sayapun beli DVD dan CD baru dengan merek berbeda. Setelah di coba masih mengalami error yang sama.

DVD RW sony DRU 840A error

Tanya teman yang seneng oprek komputer, dia saranin untuk cari software burner yang lain. Setelah googling sana-sini akhirnya ketemu free software burner CDBurnerXP. Setelah selesai diinstal langsung coba untuk burning data. Tapi, hasilnya tetep saja error. Jangan – jangan DVD RW Sony DRU 840A yang rusak? *duh*

Langsung buka Nero InCD dan check status DVD RW nya. Ternyata tidak ada masalah. Check di Device manager punya windows juga gak masalah. Aneh. aneh

InCD and Sony DRU 480A

Karena nggak tahu penyebabnya. Saya berencana mo beli DVD RW baru. Sudah browsing sana-sini cari info DVD RW yang lumayan handal. Terlintas pikiran untuk mencoba drag and drop data ke CD blank lewat windows explorer. Lha kok bisa nulis ke CD blanknya walau pakai burner bawaan windows XP? Aneh. Cuma sayangnya software burner bawaan windows XP tidak bisa untuk DVD dan nggak ada multiseasonnya.

Kira-kira ada yang tahu solusinya?bingung

About these ads

One response to “Sony DRU 840A – DVD RW yang aneh?

  1. :shock: dirimu nanya tho? kirain dah nemu solusinya. coba ke sini.
    membantu ngga ya? soalnya aku kan ngga pengalaman, hihi…

    iya mbak.. solusi sementara ya sebatas drag and drop via windows explorer. udah mampir ke sony storagesupportnya, udah dijalanin semua instruksinya. tapi, tetep nggak bisa. Mungkin ada bagian internal DVD yang error.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s