Virtual Box : Linux didalam Windows ?

Virtual Box - Virtual Machine 3

Kalau kita ingin mencicipi OS terbaru misalkan Linux atau ingin mencoba compatibilitas program yang kita buat di berbagai OS (Linux dan Windows) secara bersamaan ternyata ada cara mudah yakni dengan menggunakan Virtual Box. Dengan software ini kita bisa menjalankan OS di dalam OS. Maksudnya adalah kalau kita punya OS Windows XP (Host) maka di virtual Box kita bisa menginstal OS lain (guest) seperti Linux (kernel 2.6) ataupun Windows Vista, misalnya. Virtual Box ini mirip dengan VMware, software virtual machine.


Ukuran software ini reltif kecil yaitu 16.863Kb untuk versi 1.5. Software ini berlicensi GNU. Jadi, kita bisa mendownloadnya secara gratis. Disarankan untuk OS Hostnya memiliki memory relatif besar. Karena nanti akan dishare dengan OS guestnya. Misal kita punya 512Mb dan untuk memori OS Host kita beri 256Mb maka memory (real) yang tersisa di OS host 256Mb.Tertarik?

Berikut saya berikan langkah-langkah menggunakannya untuk OS host Windows XP dengan OS guest PCLinuxOS 2007.

1. Download Virtual Box di sini (klik kanan save as). Tentukan OS Host yang kamu pakai apakah linux atau windows. Karena installernya beda.
2. Install Virtual Box. Caranya sama dengan menginstal software pada umumnya.
3. Buat Virtual Disk untuk Hardisk OS guest kita. pilih File > Virtual Disk Manager. Didalam Virtual Disk manager pilih New. Untuk OS guest PCLinux2007 saya memilih ukuran fix 3Gb.
4. Setelah selesai membuat Virtual Disk sekarang buat OS Guestnya. Pilih New dan ikuti wizardnya. Untuk Virtual Disknya pakai Virtual disk yang telak kita buat.
5. Sekarang setting OS Guest kita tersebut. Yang terpenting adalah tentukan lokasi sumber OS guest kita. select OS guest trus pilih setting > CD/DVD rom > centang Mount CD/DVD-Rom. karen sumber PClinux saya berupa ISO. maka saya pilih ISO image file.

6. Jangan lupa setting boot order ke CD/DVD ROM. caranya Setting > General > klik tab Advance. Pilih boot order
7. Kembali ke menu utama. select OS guest kita dan klik start.
8. Sekarang kamu siap menginstal OS Guest di Virtual Disk. Langkah-langkahnya sama seperti cara instal OS di komputer pada umumnya. Kalau kamu lebih suka Knoppix maka tidak perlu di install.

 

 

Virtual Box - Virtual Machine 3

Agar bisa sharing folder antara OS Host dengan OS Guest pada Virtual Box maka kita harus instal Guest Addition dulu.

caranya sebagai berikut (kamu dah harus instal OS Guest di Virtual Disk)
1. Ganti boot order di Virtual Box ke Disk virtual. klik setting > genereal > pilih tab advance > boot order.
2. Masih dalam setting menu, pilih CD/DVD Rom > centang Mount CD/DVD drive > ISO image file dan browse ke C:\Program Files\innotek VirtualBox\VBoxGuestAdditions.iso
3. Start OS Guest
4. Setelah masuk, buka Terminal dan ganti account ke Administrator dengan perintah SU
5. Ganti directory ke tempat CD ROM di mount
6. ketikkan perintah “sh ./VBoxLinuxAdditions.run” (tanpa tanda petik)
7. restart OS guest.

Untuk setting Folder agar bisa diakses oleh OS Guest
1. Pilih setting > Shared Folder > Add new folder. Browse folder di OS host yang ingin kamu share.
2. Sekarang masuk ke OS guest kamu.
3. Mount folder tadi ke Virtual disk kamu
caranya : ketikan di terminal “mount -t vboxsf [nama folder] [tujuan mount]
contoh: nama folder lagu, dan ingin dimount di /media/lagu
mount -t vboxsf lagu /media/lagu
4. Sekarang lihat isi folder /media/lagu
5. Jangan lupa aktifkan audio di Virtual Box nya jika ingin mendengarkan lagu lewat OS Guest. Pilih setting > audio > Windows Direct Sound.

Selamat kamu telah berhasil menginstal Virtual Box dan mengkonfigurasinya. Kalo ada yang ditanyakan silahkan isi di kolom komentar. Berikut beberapa screenshot dari OS Guest PCLinuxOS 2007

 

Vitual Box Virtual Box - Virtual Machine

 

About these ads

33 responses to “Virtual Box : Linux didalam Windows ?

  1. mantap…rupanya anda adalah seorang yang suka mengevaluasi sebuah sistem…

    saya mo tanya neeh…kalo os guestnya bisa di akses oleh user/komputer lain gimana settingnya ya…? and seandainya kalo kita punya data di OS guest lalu kita mo backup secara otomatis, gimana ya caranya..? thx before….sory baru kenal da banyak tanya he2x….boleh tanya ke gw juga dech..siapa ada sesuatu yang bisa saya berikan thx

  2. @abednego
    saya masih belajar, jadi belum terlalu explore lebih dalam. Kalo kita simpan file di “sharing folder” otomatis akan di save di folder kita. Karena sharing folder menunjuk ke folder di OS Host.
    Untuk jaringan saya belum tahu, nggak ada jaringan disini :D

  3. sudah lama saya mencarinya,baru sekarang saya mendapatkannya.
    terima kasih..!

  4. Pingback: PClinuxOS : Cocok Buat Linux-er Pemula « My Simple Blog

  5. great, thq for the great posting, you help me much :) Later I’d like to ask you more about this product

  6. mas, saya ko ga bisa install guest additionnya ya?
    keluar fatal error halted
    for information, saya install ubuntu 7.01
    thq

  7. mas, sorry tanya lagi, saya install ubuntu 7.10 dan mandrake 10.0, selalu gagal dibagian partition hard disk, what’s wrong with it? apa ada yang miss ya?
    mas instal linux apa di virtual box ini?

  8. @thomaszae
    Host kamu windows atau linux? saya pake host = XP dan Guest = PClinuxOS2007
    Untuk virtual disk nya saya pakai 4 Gb. saya setting fix. U/ install guest addition saya pake langkah-langkah diatas.
    Kalau untuk partisi dual linux saya belum pernah coba. Biasanya dual boot Xp dan Linux. Untuk partisi saya buat dulu dengan partition magic, ext3. Jadi, saat install linux otomatis ngenalin partisinya. Kalau partisi langsung lewat console belum pernah coba.

  9. semua saya lakukan di virtual box
    waktu instal di virtual box, instalasi berhenti dan keluar message error, partition hda nya failed, dan balik lagi ke bagian partisi (saya instal ubuntu 7.10 dan mandrake 10, sama saja)
    saya mau menghindari dual boot :) makanya saya gunakan virtual box ini
    thq

  10. @thomaszae
    Jadi kamu pake host linux ya? sy belum pernah instal di host linux, baru nyoba di host XP. Saya pakai PClinuxOS 2007 tidak ada masalah. Kalau boleh tahu ukuran Virtual DIsknya berapa? pernah coba buat Vdisk di drive lain?

  11. engga, host saya XP
    dan saya instal ubuntu di virtual box
    Virtual Disk sya kasi dari 3 – 5 GB, sama aja, selalu creating partition failed, create partition failed itu di virtual box, waktu install linux, bukan lewat partition manager atau tools partition lain yang buat windows

    Saya berulang kali create Virtual disk nggak masalah. saya pakai partisi di hardisk yang file sysetemya FAT32. Kalau yang NTFS belum pernah coba. Mungkin cek aja di forumnya virtual box siapa tahu dah ada solusinya.

  12. Thq mas :) saya baca dari forum aja

  13. artikel bagus, btw saya coba install blankon 2 di xp host, kenapa ya pas sharing folder perintah vboxsf tidak dikenali, ilustrasi :

    wahyu@blankon $ sudo mount -t vboxsf lagu /media/song

    muncul pesan cant define vboxsf filetype

    kira2 bisa bantu ?
    terimakasih

    Sudah di instal belum VBoxGuestAdditions?

  14. @Wahyu,
    Coba di install addon-nya (Install Guest Addition).
    Caranya di window tempat linux/windows guest yang sedang berjalan tersebut click Device -> Install Guest Addition. Setelah itu (asumsi menggunakan GUI-Linux-nya) akan dimuncul folder yang berisi file2 addition tersebut. Jalankan langsung file yang ber-ekstensi .run. Setelah tunggu proses instalasinya. Kemudian coba restart guest-nya.

    Semoga itu bisa membantu :D.

  15. makasih ya mas tas info virtualnya……tp ni aq masih kesulitan mas dalm mensetting jaringannya…….gmna ya mas supaya system yang gue paki didalam virual tadi bisa juga untuk internetan………semalaman aq nyoba2 g berhasil2.trus sama system operasinya kox gak bisa mengenali drive seperti drive D, E, F dan seterusnya.yang bisa dikenali cman drive sistem aja yaitu C:\.kemarin aq nyoba di xandros ver.4 pakai sun virtual box.

    Virtual box hanya mengenali Virtual drive nya saja. untuk sharing data harus pakai shared folder. Kalau setting jaringan, coba baca helpnya. dijelasin langkah-langkahnya :). maaf, komputer habis terformat, jadi tidak bisa menjelaskan langkah2 setting jaringannya :(

  16. Sejak innotek diakuisisi oleh SUN komunitas virtual box jadi lebih berkembang. VBox bisa didownload free di situs SUN. VBox sendiri teknologinya langsung diimplementasikan di OpenSolaris.

  17. Makanya dual boot aja. Dual b√łot lbh hemat memori walau harus nyediain disk lbh. Tapi artikel ini sangat bgs koq. Tinggal aku implementasikan aja nanti. Trims bro

  18. koq gk bisa sih mas sharine foldernya…udh ku coba cara-cara diatas..ttap gk bisa..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s