“Oprah Winfrey – Wanita Luar Biasa!”

FLower

Bermodal keberanian “Menjadi Diri Sendiri”, Oprah menjadi presenter paling populer di Amerika dan menjadi wanita selebritis terkaya versi majalah Forbes, dengan kekayaan lebih dari US $ 1 Milyar. Copy acara “The Oprah Winfrey Show” telah diputar di hampir seluruh penjuru bumi ini.

TAHUKAH ANDA?

Lahir di Mississisipi dari pasangan Afro-Amerika dengan nama Oprah Gail Winfrey. Ayahnya mantan serdadu yang kemudian menjadi tukang cukur, sedang ibunya seorang pembantu rumahtangga. Karena keduanya berpisah maka Oprah kecil pun diasuh oleh neneknya di dilingkungan yang kumuh dan sangat miskin. Luarbiasanya, di usia 3 tahun Oprah telah dapat membaca Injil dengan keras. “Membaca adalah gerai untuk mengenal dunia” katanya dalam suatu wawancaranya.

Pada usia 9 tahun, Oprah mengalami pelecehan sexual, dia diperkosa oleh saudara sepupu ibunya beserta teman-temannya dan terjadi berulang kali. Di usia 13 tahun Oprah harus menerima kenyataan hamil dan melahirkan, namun bayinya meninggal dua minggu setelah dilahirkan.

Setelah kejadian itu, Oprah lari ke rumah ayahnya di Nashville. Ayahnya mendidik dengan sangat keras dan disiplin tinggi. Dia diwajibkan membaca buku dan membuat ringkasannya setiap pekan. Walaupun tertekan berat, namun kelak disadari bahwa didikan keras inilah yang menjadikannya sebagai wanita yang tegar, percaya diri dan berdisiplin tinggi.

Prestasinya sebagai siswi teladan di SMA membawanya terpilih menjadi wakil siswi yang diundang ke Gedung Putih. Beasiswa pun di dapat saat memasuki jenjang perguruan tinggi. Oprah pernah memenangkan kontes kecantikan, dan saat itulah pertama kali
dia menjadi sorotan publik..

Karirnya dimulai sebagai penyiar radio lokal saat di bangku SMA. Karir di dunia TV di bangun diusia 19 tahun. Dia menjadi wanita negro pertama dan termuda sebagai pembaca berita stasiun TV lokal tersebut. Oprah memulai debut talkshow TVnya dalam acara People Are Talking. Dan keputusannya untuk pindah ke Chicago lah yang akhirnya membawa Oprah ke puncak karirnya. The Oprah Winfrey Show menjadi acara talkshow dengan rating tertinggi berskala nasional yang pernah ada dalam sejarah pertelevisian di Amerika. Sungguh luar biasa!

Latar belakang kehidupannya yang miskin, rawan kejahatan dan diskriminatif mengusik hatinya untuk berupaya membantu sesama. Tayangan acaranya di telivisi selalu sarat dengan nilai kemanusiaan, moralitas dan pendidikan. Oprah sadar, bila dia bisa mengajak seluruh pemirsa telivisi, maka bersama, akan mudah mewujudkan segala impiannya demi membantu mereka yang tertindas.

Oprah juga dikenal dengan kedermawanannya. Berbagai yayasan telah disantuni, antara lain, rumah sakit dan lembaga riset penderita AIDs, berbagai sekolah, penderita ketergantungan, penderita cacat dan banyak lagi.

Dan yang terakhir, pada 2 januari 2007 lalu, Oprah menghadiri peresmian sekolah khusus anak-anak perempuan di kota Henley-on-Klip, di luar Johannesburg, Afrika selatan, yang didirikannya bersama dengan pemirsa acara televisinya. Oprah menyisihkan 20 juta pounsterling ( 1 pons kira2 rp. 17.000,- )atau 340 milyiar rupiah dari kekayaannya. “Dengan memberi
pendidikan yang baik bagi anak2 perempuan ini, kita akan memulai mengubah bangsa ini” ujarnya berharap.

Kisah Oprah Winfrey ialah kisah seorang anak manusia yang tidak mau meratapi nasib. Dia berjuang keras untuk keberhasilan hidupnya, dan dia berhasil. Dia punya mental baja dan mampu mengubah nasib, dari kehidupan nestapa menjadi manusia sukses yang punya karakter. Semangat perjuangannya pantas kita teladani!

Sumber : Anonymous

About these ads

19 responses to ““Oprah Winfrey – Wanita Luar Biasa!”

  1. keren emang tu orang..

    one of my inspiration..
    kenapa kita ga biasa jadi kaya dia.. paling ga ngikutin contoh2 mulianya..

    buanyak bgt yang bisa d tiru dari sosok seorang “Oprah Winfrey”

    aku punya janji dgn diri q sendiri, untuk suatu saat datang ke chicago n nonton live
    “oprah prime time”

    pasti bisa..

    • Oprah winfrey had enlighten many pathway of lifes.
      Saya belajar banyak dg menyimak acara talkshowx, sama sekali bukan GOSIP SEMATA!
      Coba di Indonesia ada juga artis yg begitu peka seperti Oprah… jadikan kita nd perlu jauh2 ke amrik hehehe

  2. Oprah winfrey…salah satu orang yang paling banyak memberikan inspirasi kepada semua orang. Beliau merupakan salah satu favorit saya.
    Thanks for the story… :)

  3. Oprah Winfrey memang luar biasa. Dia memang tipe manusia super…. Seperti yg dikatakan Mario Teguh…

    Arigato

  4. Memang oprah seorang tokoh yang patut di teladani semangat dan perjuangannya :)

  5. I was proud of her. But all my proudness of her have been disappeared since the church of oprah revealed!
    Bagi temen2 muslim ini juga sama artinya dia membelot pada ajaran sesat (yang msh hangat yaitu ajaran ahmadiyah)
    oh oprah! Smoga anda cpat sadar!

  6. Wanita yang great dan dermawan …
    Sayang nggak ikutan dapet kucuran kedermawanannya (hik..hik… ngarep mode).

    iya, patut di contoh kedermawanannay… :)

  7. salut…
    wanita yg penuh kbranian…
    keren…

    thanX

    thanks dah mampir ;)

  8. Udah baca koran investor daily hari ini, edisi Selasa, 23 Sept 2008??? Oprah diisukan meninggal karena tembakan dan matanya lebam bekas pukulan…. Pihak Oprah Winfrey dan kepolisian masih merahasiakan kejadian ini..

    dapat info di forum juga begitu, tapi belum yakin apa benar beritanya.

  9. perjuangan hidupnya perlu ditiru tuch.

  10. eh ada yang tahu/inget gak judul film yang pernah dia mainin dulu …

  11. oprah is awesome…

  12. kepercayaan diri kerja keras dan doa memang bisa merubah kita menjadi apa pun yang kita inginkan. OPRAH TELAH MEMBUKTIKAN NYA.

  13. she’s great. She’a strong desire to change the situation and very helpful

  14. Cerita yang menginspirasi buat kemajuan kita, penuh dengan nilai2 moral dan perjuangan hidup….. layak dibaca oleh semua orang

  15. “O” memberi spirit bg orang lain tanpa syarat

  16. mmmmmmm…. keren……… abiz ni urang……..

  17. i think God’s very love her
    and God make her to be a history maker and one of the inspiration of many people

  18. dermawan sejati kalau pria Michael Jackson dan kalau wanita Oprah Winfrey, kapan giliran saya ya ?……..saya juga pengen punya tabungan di akherat seperti mereka. doakan ya…supaya saya bisa membantu sesama Ami………n

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s